12.7.20

Don't Judge!

Manusia sering melakukan kesalahan, gak ada yang namanya manusia itu sempurna. Mungkin kamu paham hal itu! Apakah selalu dengan merasa dirimu benar, sehingga dimatamu itu orang lain salah?

Kita manusia butuh instropeksi diri, muhasabah diri, dan merenung. Yang dicari bukan benar dimata manusia, tapi sudah benarkah yang kamu kerjakan di mata Allah? Kenapa orang lain sampai berbuat seperti itu? Mungkin, tanpa sepengetahuan dan kesadaran kita, kita juga pernah berbuat seperti itu. Jangan terlampau sibuk mencari kesalahan orang lain, sehingga lupa sama kesalahan diri sendiri!

Semacam pembelajaran dan self reminder, lebih baik diam, bersikap bodo amat, dan tidak peduli terhadap omongan orang, sikap orang kekita, dan lain sebagainya. Berat memang, tapi harus. Komentar dengan disalahkan jauh berbeda, terlebih menjudge seseorang salah berdasarkan omongan orang lain a.k.a Suudzon! Cuman tiati juga, walaupun sudah diam dll kamu bakal salah juga dimata orang lain. Jadi, yasudahlah! Intinya cuma satu, jangan suka cari kesalahan orang, cari kesalahan diri sendiri, tobat, dan perbaiki!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar