11.2.21

Positive Vibes

Assalaamu'alaikum semuanyaaa..
Kembali lagi di blognya annisa yang ibarat kamar kosong ini sudah banyak debu dan jejaring laba-labanya saking gak terurusnya. Tapi okelah, setahun minimal ada satu postingan wkwkwk

Gue masih belum wisuda gaes haha do'akan ya tahun ini gue finish. Biar gak bayar uang kuliah lagi hahaha. Jadi begini gaes, gue gak bakal cerita kenapa belum wisuda, kalo itu jawabannya ya cuman karena tugas akhir gue belum selesai-selesai wkwkw.
Disini gue mau cerita pengalaman dikit dan gue rasa penting (walaupun gak penting-penting kali) terutama bagi yang masih sering bilang, "ah, covid doang mah, ah covid hoax" dan ah ah yang lainnya. Gue cuman ngasih tau, ternyata Covid-19 itu nyata gaes. Gue salah satu alumninya wkwkw kalo orang-orang bilang Sarjana Covid-19 hahaha

Sebelum baca postingan gue sampai habis perlu dicatat bahwa GEJALA MASING-MASING ORANG BERBEDA jadi jangan samakan cerita gue dengan apa yang lu rasain yaa hehe.

Kapan? Dimana? Kok bisa? Gejalanya apa?

Pertanyaan diatas sering muncul ketika orang-orang terdekat gue tau gue positif covid-19.
Oke gue jawab ya.

Ceritanya berawal dari Kamis, 21 Januari 2021 hingga sekarang yaaa, malas juga bikin detail perhari, lama coy 18 hari isolasi wkwk

Gue udah masuk sekolah buat ngajar dengan prokes yang ketat, hari itu gue udah mulai flu dan batuk. Prasaan udah mulai gak enak dan gue mulai jaga jarak dan gue mencurigai satu orang siswa gue yang lagi flu, dan gue dosa banget udah suudzon sama dia, karena setelah d swab hasilnya negatif, I'm so sorry nak. Setelah dipikir-pikir gak mungkin juga kali yes gue flu dan batuk seketika sama dia, pasti udah terpapar sebelumnya nih cuman malas mikir kapan aja, wong gue gak tau juga. Lanjut cerita, nah malam-malam sebelumnya gue rajin keramas nih karena rambt gue tipikal yang gampang ketombean, harus keramas tiap hari. Setelah keramas gue sering ngeringin sama kipas angin, lah hubungannya apa ya? Nah, karena keseringan ngeringin sama kipas angin gue ngerasa kamis malam itu badan gue panas tinggi karena masuk angin, palingan besok sembuh, cumaaan karena gue demam, bundo gue nungguin dong, alias gue tidur bareng sama bundo.

Jum'at pagi, gue udah ngerasa mendingan dan gak panas lagi. Bundo nyurh gue buat ngajar setengah hari aja. Biar bisa istirahat, gue gak mau, karena gue ngerasa baik-baik aja. Nah, mau menjelang tengah hari ini, flu gue makin berat, batuknya masih selow. Gue masih jaga jarak. Dan panas makin naik. Saking gak kuatnya, gue ngehubungin delvia nebeng pulang bareng. Di hari jum'at itu juga, bundo nelponin tiap saat gimana keadaan gue, berhubung gue malas ditanya dan disuruh pulang, gak gue jawab panggilan tersebut, eh ayah bundo gue malah nelpon ke delvia wkwkwk.

Flashback dikit sebelum lanjut, yang demam sebelumnya adalah Ayah, Ayah swab di hari Kamis. Karena kontak sekeluarga Bundo dan Adik Gue swab di hari jum'at. Hasil swab mereka keluar di hari sabtu dan Negatif.

Pas nyampe rumah di hari jum'at tersebut gue menggigil dong, selimut gue udah 2 yang tebel. Gak mempan, persendian gue sakit-sakit semua. Alhamdulillah, malamnya abis minum obat tiba-tiba panas gue pergi entah kemana. Gue udah ngerasa sehat kembali. Cuman masih flu dan batuk. Cuman batuknya aneh, gak gatel di tenggorokan, cuman bikin kita kayak kecekik dan lama berhentinya. Secara gue pernah batuk kering sebulan gak sembuh-sembuh rasanya beda ama batuk yang sekarang.

Nah, pas hari sabtu keluarlah hasil swab Ayah, Bundo dan Pipi (adik gue) hasilnya Negatif. Sedangkan gue swab di hari sabtu tersebut. Karena badan udah enakan, gejala sakit serumah sama gue PD dong hasil gue juga negatif, nah karena masih demam, gue masih tidur dong sama bundo sampe hasil gue keluar alias senin pagi. Hari sabtu dan minggu gue disuruh bersih-bersih nih sama bundo, bersihin rumah, kamar dan segala macamnya dan gue malas. Karena lesu banget coy, walaupun gak demam cuman lesu dan persendian gue masih sakit-sakit dan bawaannya pengen tiduuuuuur mulu. Berhubung gue tukang tidur, mak gue gak percaya dong. Gue bilang, isa gak bohooong ndo, serius. Ini mata ngantuk banget, sendi-sendi sakit semua. Duduk bentar gak kuat, maunya di bawa tidur mulu. Dan di hari itu gue harus menyerahkan perbaikan nilai siswa ke kurikulum. Dengan terpaksa gue kerjain di hari sabtu tersebut. Tapi, habis itu karena gak kuat gue tidur lagi. Biasanya kalo tidur siang gue malamnya kan susah tidur, ini enggak gaes. Gue tidur bisa cepat, semengantuk itu mata gue dan selesu itu badan gue. Nah, kalo makan satu sendok bawaannya itu kenyang mulu dan kembung. Berhubung gue anaknya jarang makan juga, gue rasa baik-baik aja. karena hal tersebut sering gue alamin.

Begitu seterusnya yang gue rasain sampe hari senin pagi, habis nyetrika baju mak gue, belum selesai juga kepala gue pusing, gak bisa lanjutin, dan gue milih tidur lagi. Jam 9 gue ditelpon pihak puskesmas..engingeeng hasil gue postif. Shock dooong. Gue sendir yang postif, sedangkan keluarga yang lain negatif. Karena dari hari sabtu gue masih kontak sama Ayah, Bundo, dan Adik gue akhirnya mereka swab ulang lagi.

Langsung, di hari senin itu gue isolasi mandiri di kamar. Ke rumah sakitnya disuruh pihak puskesmas hari Selasa aja dan di hari selasa itu juga anggota keluarga gue diswab. Saat tau positif, gue langsung hubungin orang-orang yang kontak sama gue, agar mereka di swab juga, karena gue takut mereka kenapa-kenapa termasuk bundo. Hal itu yang bikin gue stress sampai hasil yang kontak sama gue keluar. Alhamdulillah, Rizka bilang "gak usah stress, lu kan terpapar dari orang juga, semuanya udah jalannya. Kenapa stress?" Jujur gue takut coy, orang lain terpapar karena gue, gimana keluarganya? kalo terjadi apa-apa gimana? gimana sama bundo? ayah? pipi ? sumpah gue stress saat itu. Langsung gue nangis, gue bilang sama bundo, "isa takut ndo, isa takut ndo" walaupun gue positif bundo tetap meluk gue bilang " Gak usah takut nak, kita harus kuat, jangan nangis, ada bundo" Sumpah, sampe sekarang gue masih mewek gaes. hahaha.

Masuk kamar saat isolasi mandiri pun gue masih sering nangis, gue cuman ngabarin orang-orang terdekat gue bahwa gue positif. Alhamdulillah mereka ngasih gue semangat dan ada sebagian yang gak gue kasih tau karena gue takut ganggu haha.

Senin itu penciuman gue udah hilang, gak kecium apapun. Minyak kayu putih cuman panasnya aja kerasa, baunya gak ada, begitu juga parfum, sabun, dll. Bayangin aja, saking parnonya, setiap ke kamar mandi gue cari sabun, trus bilaang "yaaah, ga ada baunya" nah itu kondisinya gue gak ada flu lagi bahkan batuk pun juga gak ada. Badan gue gak terasa apa-apa, cuman kembung, mual, dan ngantuk. Sampe bundo marah, tidur teruuus, sana berjemur. Gue bilang, gak pengen isa tidur ndo, emang matanya ngantuuk.

Dan sampailah di hari kamis, dimana hasil swab orang yang kontak sama gue keluar, semuanya negatif kecuali bundo. Bundo yang awalnya negatif jadi positif. Pas tau gue langsung diam dan bilang dalam hati, Ya allah, karena gue bundo sakit. Selama ini gue gak pernah dengar kata bundo buat jaga kesehatan, pergi ke sekolah minum dulu vitamin, segalam macam jus yang dibuat bundo buat imun tubuh sering gue anggurin. Sekarang karena gue, bundo sakit. Langsung mewek seketika di kamar. Di hari kamis itu juga, bundo kerumah sakit buat periksa. Ternyata Hb bundo rendah dan disarankan buat dirawat. Trus gue?
Gue akhirnya juga dirawat, karena gak mungkin juga dirumah, karena takut nular ke Ayah dan adik gue.

Masuk kamis, swab ke dua di selasa. karena hitung 10 hari dr swab pertama. Berharap negatif, ternyata masih positif. Down lagi. Bundo swab kedua di hari jum'at keluar hasil Negatif, pulang dong kerumah. Sedangkan gue mesti isolasi lagi 5 hari, yang awalnya gue malas makan dll, pas tau bundo pulang gue rajin, karena gue gak mau sendiri dirumah sakit. Pas bundo pulang di jemput sama ayah, gue lambai2in tangan ke bawah, sumpah saat itu gue nangis, walaupun selama dirumah sakit sering vc an sama ayah pas ketemu ayah diparkiran gue dilantai 4 rasanya beda, kangen banget sumpah. Padahal dirumah sering cuek-cuekan wkwkw

ini foto gue dari lantai 4 wkwk

Sampai akhirnya, setelah nambah 5 hari isolasi, di hari senin tanggal 8 februari gue swab ke 3, dan Alhamdulillah di hari selasa hasil gue negatif dan boleh pulaaaaaang. total ada 12 hari isolasi dirumah sakit. Gue mau ngucapin terima kasih sama dokter-dokter dan kakak-kakak perawat di rumah sakit BMC, udah ngerawat gue selama 12 hari begitu juga bundo selama 10 hari. Dokter dan perawatnya baik-baik dan ramah-ramah semua.

Sedikit kenangan dari ruang 5 lantai 4 hehe viewnya bagus gaes
Tempat tidur gue selama kurang lebih 8 hari, 4 hari lagi sebelumnya dilantai 5


Pemandangan di hari ke 15 gue mulai sakit

Pemandangan di hari gue pulang

Cus, kita lanjut ceritanya. Karena ada sedihnya, lucunya, dan bahagianya. hahaha
Untuk kapan terpaparnya "mungkin" sebelum gue demam, dimana nya gak tau, bisa jadi diskolah karena gue gak ada kemana-mana, mana tau ada siswa yang otg who knows kan, kok bisa? bisa jadi saat itu imun gue sedang turun, jadi gampang terpaparnya.

gejala dan yang gue rasaain selama sakit
Demam, flu, batuk, persendian sakit semua, penciuman hilang, perut kembung, mual, lemes, lesu, bawaan ngantuk aja. udah itu aja, Alhamdulillah gue gak sesak nafas dan gak hilang indra pengecap juga. Kalo bundo, cuman flu dan perut kembung, gak sampe hilang penciuman. gak separah gue.
trus kalo untuk flu sendiri, ingus itu kalo gue pandang lama-lama kyak lem atau lendir gitu. Bukan kayak ingus biasa, pas batuk pun kalo keluar dahak juga sama bentuknya. Sepertinya lendir tersebut yang bikin kita sesak napas dll. karena kalo ada lendir tersebut hidung gue mampet, sulit nafas.

Dari Covid-19 ...
bikin gue sadar kalo virus itu emang ada dan nyata, buat orang yang masih selow dan gak patuh prokes lebih baik sekarang tobat. Karena pisah dari keluarga, cmn bisa di kamar tanpa keluar itu bikin stress, belum lagi sakit di awal-awal terpapar, gak enak banget, kasihan sama orang sekitar kita. Dan juga buat yang ngerasa sakit, trus gak ada gejala apapun, harus tetap kontrol kesehatan. Karena apa? disaat gue dirumah sakit, ada pasien bapak-bapak yang swab nya hari ini, keluar besok. sambil nunggu hasil swabnya keluar besok mendadak bapak itu sesak nafas malamnya, dan meninggal padahal hasilnya sudah negatif. walaupun ajal ya. kita gak tau. Jangan pernah sepelein sih, walaupun cuman seperti flu biasa. 

Dari Covid-19..
gue belajar yang namanya sabar, instropeksi diri, ikhlas dan bersyukur. Beda gaes, kalo dalam kehidupan nyata, kita sabar jika berhadapan sama orang, belum dikasih rezeki, dll. Kalo dicovid-19 ini, sabar sama ujian, penyakit ini semuanya kehendak Allah, yang Maha Menyembuhkan Allah, pokoknya sabarnya beda gaes hehe. kalo kita misalkan taraf sabarnya udah level maksimum. ikhlas nerima penyakit ini, apapun yang terjadi semuanya atas kehendak Allah, Allah gak akan ngasih ujian kekita di luar batas kemampuan kita. Kalo di kasih positif dan isolasi beberapa hari artinya gue sanggup sama semua itu, dan distu gue harus bersyukur, di luar sana orang-orang ada gejalanya yang lebih parah dari gue. Semua ada hikmahnya ketika gue positif covid-19, gue gak berani buat bantah bundo lagi, setiap malam gue terus pandangin wajah bundo dan gue takut kehilangan, bahkan di saat kebangun tengah malam gue selalu cek bundo masih nafas gak ya saking parnonya.

Bahagianya adalah banyak pelajaran yang gue ambil dari positif covid-19 ini seperti hal-hal diatas dan ketemu saudara baru, ibu-ibu yang seruangan sama gue namanya ibu susi hehe ibunya baik, friendly juga, lucunya adalah dimalam-malam terakhir gue dirumah sakit, karena bundo udah pulang duluan tinggal gue berdua di kamar sama ibu2 yang jadwalnya sama gue. Gue mendadak takut sama hantu-hantu rumah sakit hahaha kalo hari selasa seandainya gue masih positif, ibu itu negatif, otomatis gue tinggal sendiri d ruangan itu. Gue bakal kabur atau minta isolasi mandiri dirumah aja. hahaha sampai dimalam senin itu gue gak bisa tidur, miring sana miring sini takut haha

Selama isolasi dirumah sakit, gue konsumsi obat-obatan yang ada dirumah sakit, yang jelas vitamin C, D, dan E selalu setiap hari. Diluar obat rumah sakit itu gue juga konsumsi obat batuk ini, Alhamdulillah dua hari minum obat ini batuk gue reda. Boleh dicoba, karena gue searching orang-orang yang positif covid juga minum obat ini. Ingat ya, ini obat batuk bukan obat covid haha seperti diawal gue billang, gejala yang gue alami juga batuk, sampe dengan di hari ke 4 tau positif gue masih batuk, gue minum obat batuk ini di hari ke 5 dan Alhamdulillah di hari ke 6 reda dan kalo mau minumnya pun harus disesuaikan juga dengan kondisi tubuh, berhubung  Ayah gue juga batuk dan kalo minum obat batuk ini bikin sesak dan beliau hanya minum sekali aja. kalo di gue aman-aman sentosa aja 2 hari sembuh cuman karena masih ada sedikit gatel di tenggorokan gue minum sampai 5 hari.

Dan selama isolasi gue setiap 5 waktu solat sebelum ambil wudhu gue cuci hidung dan kumur-kumur dengan air garam atau betadine kumur. trus kalo hidung mampet selain minum obat juga pakai inhalernya plossa yang minyak kayu putih. Ini atas saran dari bu zel, biar lendir-lendir keluar, Alhamdulillah seharian pake ini, di hari ke - 4 sejak positif gue udah bisa cium bau bumbu chitato, kulit jeruk, dan minyak kayu putih. walaupun belum kuat seperti biasa. Yang penting Alhamdulillah penciuman udah balik. Dan satu lagi, selama isolasi gue selalu dikirimin sama adik gue air daun "sungkai" bahasa indonesia ntah apa gue gak tau. Awal-awal terpapar virus, ketika minum air daun ini, dada gue rasanya panas didalam, padahal airnya dingin, panasnya beda. Alhamdulillah, sekarang gue sudah negatif. Mulai dari hari ini dan kedepannya harus jaga imun tubuh, konsumsi makanan yang bergizi, dan patuh sama protokol kesehatan. Sekian dulu ceritanya, Salam Sehat selalu. Wassalam, 

xoxo,

Annisa

Betadine Kumur
 
Plossa Kayu Putih






Tidak ada komentar:

Posting Komentar